Buah Belimbing sangat prospektif dikembangkan di Kota Depok dimana diketahui peluang pasar belimbing untuk kawasan Jabodetabek mencapai 6.000 ton per tahun dan buah Belimbing Dewa Depok lebih unggul dibandingkan buah belimbing lainnya yang ada di Indonesia karena rasanya yang manis, ukurannya yang relatif besar dan warnanya yang indah. Hal ini diketahui pada setiap even lomba buah unggul dan pameran buah nasional maupun internasional Buah Belimbing Dewa lebih unggul dan selalu mendapat predikat juara sebagai buah unggul nasional versi Majalah Trubus. 

Namun dewasa ini keberadaan Belimbing Dewa sebagai Ikon kota Depok mulai dilupakan. Dimana tanaman setiap tahunnya jumlah pohon Belimbing Dewa semakin berkurang karena lahan pertanian yang digunakan untuk menanam Belimbing Dewa banyak terkonversi untuk kebutuhan bangunan. Hal ini memang tidak terhindari karena kebanyakan pohon Belimbing Dewa sebagian besar berada di lahan milik pribadi dan saat ini nilai ekonomis Belimbing Dewa dirasa kurang memiliki nilai ekonomis bila dibandingkan lahan tersebut dijadikan bangunan yang lebih menjanjikan.

Berangkat dari keprihatian diatas dan semangat untuk menghidupkan kembali Belimbing Dewa sebagai Brand Identity Kota Depok dengan mensinergisan antara pihak Pengusaha, Akademisi, Pemodal dan Pemerintahan lahirlah ide Belimbing Island. Belimbing Island merupakan konsep mencoba mengemas buah Belimbing Dewa menjadi produk yang memiliki nilai jual yang lebih tinggi, diharapkan Belimbing Dewa yang selama ini hanya dimanfaatkan sebagai buah konsumsi  dengan bantuan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat dimanfaatkan sebagai produk-produk yang memiliki nilai jual yang tinggi seperti dibuat menjadi produk-produk Skincare/ Kosmetik.

Selain itu semangat yang diusung adalah  perekononian masyarakat Depok khususnya para petani Belimbing Dewa dapat meningkat dengan komitmen menggunakan bahan baku Belimbing Dewa dari petani kota depok dan  perkonomian masyarakatkan dapat ditingkatkan dengan menggerakan unit-unit lembaga masyarakat  yang dapat menggerakan perekonomian masyarakat kota Depok dan Indonesia